Contoh Skenario Pembelajaran Anak Kelompok B oleh Novita Eka Nurjanah




MATH AND SCIENCE FOR EARLY CHILDHOOD EDUCATION
BY: NOVITA EKA NURJANAH




Tema        : Alam Semesta
Sub Tema   : Gejala Alam
  (Pelangi)













Kelompok                           : B
Semester/ Minggu               : II/ XII
Tema/ Sub Tema                 : Alam Semesta/ Gejala Alam (Pelangi)
Hari/Tanggal                       : Senin, 26 Desember 2016
Waktu                                 : 07.30 – 10.00 WIB
Bidang Pengembangan       : Nilai Agama dan Moral, Sosial   Emosional, Fisik Motorik, Kognitif dan Bahasa
Model Pembelajaran           : Kontekstual (Pendekatan Sainstifik)



I.         PRA KEGIATAN
          Bidang Pengembangan : Nilai Agama dan Moral
·         Berbaris Masuk Kelas
Anak berbaris di depan kelas sebelum memasuki ruang kelas.
Dua orang anak menyiapkan teman yang lainnya: “Siap, grak! Lencang depan, grak! Tegak, grak!, Jalan di tempat satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan sembilan sepuluh”.
Setelah itu, menyanyikan lagu: “Siapa dapat berbaris seperti aku ini coba angkat kakimu angkat berganti-ganti ayo ayo ayo ayo ayo ayo berbaris bersama ayo ayo ayo ayo ayo ayo seperti pramuka”.
·         Salam
Guru mengucap salam kepada anak dan anak menjawab salam yang diucapkan oleh guru.
·         Berdoa sebelum belajar
Anak dan guru bersama-sama mengucap doa sebelum belajar:
“Rab bi zidnii ‘ilma war zuq nii fah ma, amiin”.
Tujuan:
1.      Anak   terbiasa   untuk    menghormati  guru, bersemangat  belajar,   memiliki kebersamaan/ persaudaraan    antar   anak   yang  tinggi,  dan  patuh   dengan peraturan yang berlaku.
2.      Anak dapat menghafal bacaan doa akan belajar dan terbiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Bidang Pengembangan : Bahasa
·         Presensi
Guru melakukan presensi dengan memanggil nama anak satu persatu.
·         Menyanyikan lagu “Good Morning”
“Good morning our teacher’s my friend and I am ready, ready to learn and to study a lot of think with pleasure, ready to learn and to study a lot of think with pleasure”.
“Selamat pagi ibu guru kami sudah sedia menerima tugas ibu belajar dengan gembira menerima tugas ibu belajar dengan gembira”.

II.      KEGIATAN AWAL
           Bidang Pengembangan : Fisik Motorik
·         Anak dan guru melakukan senam fantasi dengan gerakan koordinasi seluruh tubuh sambil bernyanyi sesuai irama.
“Bergandeng tangan serentak kawan berayayun tangan di pinggang goyang ke kiri goyang ke kanan mari kita bergembira haha tepuk tangan semua angkat kaki satu dua ke atas tangan kita di pinggang keduanya badan kita bungkukkan yang rajin wahai kawan berdiri dengan tegak balik kanan serentak balik kanan serentak”.
·           Melakukan gerakan sesuai dengan gerakan yang dilakukan oleh salah satu teman sambil menyanyi lagu :”Follow follow follow me follow follow follow me follow follow follow me and then follow you”.
Tujuan:
Anak memiliki kelenturan dan kekuatan motorik kasar yang memadai untuk melaksanakan tugas-tugas dengan bertumpu pada kekuatan motorik kasar.
Bidang Pengembangan : Kognitif
·         Mengucap Kalender
Guru menanyakan hari dan tanggal kepada anak.
·         Apersepsi
Guru dan anak bercakap-cakap tentang pelangi (siapa yang pernah melihat pelangi, dimana ada pelangi, warna pelangi, bentuk pelangi). Guru menggunakan media video dalam kegiatan ini.
·         Orientasi
Guru menyampaikan tujuan/kompetensi yang harus dimiliki oleh anak dari mengetahui konsep pelangi.
·         Motivasi
Guru memberi motivasi agar anak bisa mengetahui konsep pelangi dan bersyukur kepada Tuhan atas anugrahNya telah menciptakan alam yang sangat indah.
Tujuan:
Anak-anak mengetahui dan mampu menjelaskan pelangi.

III.    KEGIATAN INTI
     Bidang Pengembangan : Kognitif
    Kompetensi dasar             : Anak mampu  memahami dan mengutarakan perbendaharaan kata
    Indikator                           : Menyebutkan kata-kata yang dikenal 
     Area                                 : Bahasa
·   Langkah-langkah kegiatan :  
(a)   Guru mempersiapkan media pembelajaran berupa gambar.
(b)   Guru memberikan pernyataan dan pertanyaan kepada anak dari gambar yang ditutup.
(c)   Anak harus menebak gambar dan kata.
(c)   Anak yang memperhatikan dan menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan reward dari guru.
Bidang Pengembangan : Kognitif
Kompetensi dasar            : Anak mampu  berpikir logis
Indikator                         : Mengenal pola (misal, ABC-ABC dan ABCD-ABCD) dan mengulanginya
Area                                 : Matematika.
·   Langkah-langkah kegiatan :  
(a) Guru menyiapkan media yang akan diurutkan polanya oleh anak.
(b) Guru mendemonstrasikan cara mengurutkan pola.
(c) Anak mengurutkan pola sesuai dengan perintah guru.
Bidang Pengembangan Kognitif
Kompetensi dasar            : Anak mampu  memahami konsep sebab akibat
Indikator                         : Mengamati benda dan gejala sebab akibat
Area                                 : Ilmu Pengetahuan dan SAINS.
·   Langkah-langkah kegiatan :  
(a) Guru menyiapkan alat dan bahan untuk membuat pelangi dari cd, senter, dan air dan mendemonstrasikan kepada anak.
(b) Guru menyiapakan alat dan bahan (baskom, susu, pewarna makanan, sabun, dan cotton bath) untuk membuat pelangi dari pencampuran warna.
(c) Guru membimbing anak untuk membuat pelangi dengan pencampuran warna.

IV.   ISTIRAHAT
Bidang Pengembangan : Sosial Emosional
·      Mencuci tangan sebelum makan
Anak-anak mencuci tangan satu persatu sebelum makan.
·      Berdoa sebelum makan
Anak dipimpin oleh guru berdoa sebelum makan.
·      Menyelesaikan makan
             Anak-anak menyelesaikan makan dan mengembalikan alat makan pada tempat yang telah disediakan.
·      Bermain
Anak-anak bermain bersama di luar kelas maupun di dalam kelas.
·      Merapikan mainan
Anak-anak dibiasakan merapikan mainan setelah digunakan.

V.      KEGIATAN AKHIR
Ø Mengulas kegiatan awal dan inti
     Guru mengulas kegiatan yang dilakukan pada awal dan inti
Ø Menyanyikan lagu “Sayonara” 
“Sayonara sayonara sampai berjumpa pulang buat apa susah buat apa susah susah itu tak ada gunanya buat apa susah buat apa susah susah itu tak ada gunanya”.

VI.   PASCA KEGIATAN
Ø Berdoa
     “Tangan ke atas ambil bintang-bintang tangan ke samping bagai burung terbang tangan ke depan bagai ikan berenang tangan depan dada kita siap berdoa”.
“alhamdulillahhirabbil alamiin”.
·      Mengucapkan salam
Guru           :”Selamat siang anak-anak”.
Anak           :”Selamat siang bu guru”.
·      Pesan-pesan
·      Pulang

Komentar

Posting Komentar