MATH AND SCIENCE FOR EARLY CHILDHOOD EDUCATION
BY: NOVITA EKA NURJANAH
Tema : Alam Semesta
Sub Tema : Gejala Alam
(Pelangi)
Kelompok : B
Semester/
Minggu : II/ XII
Tema/
Sub Tema : Alam Semesta/ Gejala Alam (Pelangi)
Hari/Tanggal : Senin, 26 Desember 2016
Waktu :
07.30 – 10.00 WIB
Bidang Pengembangan : Nilai Agama dan Moral, Sosial Emosional, Fisik Motorik, Kognitif dan Bahasa
Model Pembelajaran : Kontekstual (Pendekatan
Sainstifik)
I.
PRA KEGIATAN
Bidang
Pengembangan : Nilai Agama dan Moral
·
Berbaris Masuk Kelas
Anak berbaris di depan kelas sebelum memasuki ruang kelas.
Dua orang anak menyiapkan teman yang lainnya: “Siap, grak! Lencang depan,
grak! Tegak, grak!, Jalan di tempat satu dua tiga empat lima enam tujuh delapan
sembilan sepuluh”.
Setelah itu, menyanyikan lagu: “Siapa dapat berbaris seperti aku ini coba
angkat kakimu angkat berganti-ganti ayo ayo ayo ayo ayo ayo berbaris bersama
ayo ayo ayo ayo ayo ayo seperti pramuka”.
·
Salam
Guru mengucap
salam kepada anak dan anak menjawab salam yang diucapkan oleh guru.
·
Berdoa sebelum belajar
Anak dan guru bersama-sama
mengucap doa sebelum belajar:
“Rab
bi zidnii ‘ilma war zuq nii fah ma, amiin”.
Tujuan:
1.
Anak terbiasa untuk menghormati guru, bersemangat belajar,
memiliki kebersamaan/ persaudaraan
antar anak yang
tinggi, dan patuh
dengan peraturan yang berlaku.
2.
Anak dapat menghafal bacaan doa akan belajar dan terbiasa
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Bidang Pengembangan : Bahasa
·
Presensi
Guru melakukan
presensi dengan memanggil nama anak satu persatu.
·
Menyanyikan lagu “Good Morning”
“Good morning our teacher’s my friend and I
am ready, ready to learn and to study a lot of think with pleasure, ready to
learn and to study a lot of think with pleasure”.
“Selamat pagi ibu guru kami sudah sedia menerima tugas ibu belajar dengan
gembira menerima tugas ibu belajar dengan gembira”.
II. KEGIATAN AWAL
Bidang Pengembangan
: Fisik Motorik
·
Anak dan guru
melakukan senam fantasi dengan gerakan koordinasi seluruh tubuh sambil
bernyanyi sesuai irama.
“Bergandeng tangan serentak
kawan berayayun tangan di pinggang goyang ke kiri goyang ke kanan mari kita
bergembira haha tepuk tangan semua angkat kaki satu dua ke atas tangan kita di
pinggang keduanya badan kita bungkukkan yang rajin wahai kawan berdiri dengan
tegak balik kanan serentak balik kanan serentak”.
·
Melakukan gerakan
sesuai dengan gerakan yang dilakukan oleh salah satu teman sambil menyanyi lagu
:”Follow follow follow me follow follow
follow me follow follow follow me and then follow you”.
Tujuan:
Anak memiliki kelenturan dan kekuatan motorik
kasar yang memadai untuk melaksanakan tugas-tugas dengan bertumpu pada kekuatan
motorik kasar.
Bidang Pengembangan : Kognitif
·
Mengucap Kalender
Guru menanyakan hari dan
tanggal kepada anak.
·
Apersepsi
Guru dan anak bercakap-cakap
tentang pelangi (siapa yang pernah melihat pelangi, dimana ada pelangi, warna
pelangi, bentuk pelangi). Guru menggunakan media video dalam kegiatan ini.
·
Orientasi
Guru menyampaikan tujuan/kompetensi yang harus dimiliki
oleh anak dari mengetahui konsep pelangi.
·
Motivasi
Guru memberi
motivasi agar anak bisa mengetahui konsep pelangi dan bersyukur kepada Tuhan
atas anugrahNya telah menciptakan alam yang sangat indah.
Tujuan:
Anak-anak
mengetahui dan mampu menjelaskan pelangi.
III. KEGIATAN INTI
Bidang Pengembangan : Kognitif
Kompetensi dasar : Anak mampu memahami dan mengutarakan
perbendaharaan kata
Indikator : Menyebutkan kata-kata yang
dikenal
Area : Bahasa
· Langkah-langkah
kegiatan :
(a) Guru
mempersiapkan media pembelajaran berupa gambar.
(b) Guru
memberikan pernyataan dan pertanyaan kepada anak dari gambar yang ditutup.
(c) Anak
harus menebak gambar dan kata.
(c) Anak
yang memperhatikan dan menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan reward dari guru.
Bidang
Pengembangan : Kognitif
Kompetensi
dasar : Anak mampu berpikir logis
Indikator : Mengenal pola (misal, ABC-ABC dan ABCD-ABCD)
dan mengulanginya
Area : Matematika.
· Langkah-langkah
kegiatan :
(a) Guru menyiapkan media
yang akan diurutkan polanya oleh anak.
(b) Guru mendemonstrasikan
cara mengurutkan pola.
(c) Anak mengurutkan pola
sesuai dengan perintah guru.
Bidang
Pengembangan Kognitif
Kompetensi
dasar : Anak mampu memahami konsep sebab akibat
Indikator : Mengamati benda dan
gejala sebab akibat
Area : Ilmu
Pengetahuan dan SAINS.
· Langkah-langkah
kegiatan :
(a) Guru menyiapkan alat
dan bahan untuk membuat pelangi dari cd, senter, dan air dan mendemonstrasikan
kepada anak.
(b) Guru menyiapakan alat
dan bahan (baskom, susu, pewarna makanan, sabun, dan cotton bath) untuk membuat
pelangi dari pencampuran warna.
(c) Guru membimbing anak
untuk membuat pelangi dengan pencampuran warna.
IV. ISTIRAHAT
Bidang
Pengembangan : Sosial Emosional
·
Mencuci tangan sebelum makan
Anak-anak mencuci tangan satu persatu sebelum makan.
·
Berdoa sebelum makan
Anak dipimpin oleh guru berdoa sebelum makan.
·
Menyelesaikan makan
Anak-anak menyelesaikan makan dan mengembalikan alat
makan pada tempat yang telah disediakan.
·
Bermain
Anak-anak bermain bersama di luar kelas maupun di dalam kelas.
·
Merapikan mainan
Anak-anak dibiasakan merapikan mainan setelah digunakan.
V. KEGIATAN AKHIR
Ø Mengulas
kegiatan awal dan inti
Guru
mengulas kegiatan yang dilakukan pada awal dan inti
Ø
Menyanyikan lagu “Sayonara”
“Sayonara sayonara sampai berjumpa pulang buat
apa susah buat apa susah susah itu tak ada gunanya buat apa susah buat apa
susah susah itu tak ada gunanya”.
VI. PASCA KEGIATAN
Ø
Berdoa
“Tangan ke atas ambil bintang-bintang tangan ke samping bagai
burung terbang tangan ke depan bagai ikan berenang tangan depan dada kita siap
berdoa”.
“alhamdulillahhirabbil
alamiin”.
·
Mengucapkan salam
Guru :”Selamat siang anak-anak”.
Anak :”Selamat siang bu guru”.
·
Pesan-pesan
·
Pulang
Terimaasih bu
BalasHapusTrimaksih bu referensinya...
BalasHapusAlhamdulillaah terimakasih ibu, sangat membantu sekali...
BalasHapusTerima kasih ibu atas referensinya, sangat membantu tugas saya
BalasHapusterimakasih atas referensinya....jenengan uns kah bun
BalasHapusTerimakasih ibu atas referensi nya
BalasHapusTerimakasih Ibu, Alhamdulillah sangat membantu
BalasHapusTerima kasih Ibu, Alhamdulillah sangat membantu
BalasHapus